Mengenal Metode Penunjukkan Langsung dalam Software Procurement

 

 

 

katalog elektronikBanyak cara yang bisa dilakukan perusahaan agar mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan. Salah satunya adalah melakukan metode penunjukan langsung. Bagaimana metode ini dilakukan dalam software procurement? Ini dia penjelasan selengkapnya.

 

Mengenal Sistem Penunjukkan Langsung

 

Metode penunjukkan langsung atau direct procurement termasuk yang banyak dipakai oleh perusahaan. Dalam metode ini, perusahaan biasanya melakukannya untuk membeli bahan baku atau barang jadi yang biasanya berhubungan dengan proses produksi. Barang yang dibeli dengan penunjukkan langsung ini biasanya tergolong besar dan rutin harus dilakukan.

 

Dengan bantuan software procurement, Anda bisa mengetahui stok yang dimiliki oleh perusahaan dan bagaimana hubungannya dengan kondisi pemasok atau supplier. Jangan sampai mengalami kekosongan atau bahkan terlalu berlebihan stoknya yang bisa menyebabkan masalah produksi yang serius.

 

Manfaat Software Procurement dalam Metode Penunjukkan Langsung

 

Seperti yang dipaparkan di atas, dengan bantuan software procurement, Anda bisa dengan jelas melihat stok dan inventaris. Biasanya penunjukkan langsung dipakai karena proses produksi sudah biasa menggunakan barang dari supplier tertentu. Dengan demikian, Anda tak perlu lagi repot menguji kualitasnya.

 

Namun, Anda tetap harus melakukan kontrol dengan bantuan software procurement. Melalui teknologi, Anda bisa memantau berapa jumlah pesanan yang dibeli. Bahkan, Anda bisa mengecek besaran budget yang bisa dipakai sehingga proses pembelian bisa diatur sedemikian rupa sehingga tidak ada pembelian yang sia-sia.

 

Selain itu, proses pengiriman juga bisa dilacak dengan software procurement. Dengan demikian Anda jadi lebih mengetahui produk yang Anda beli. Riwayat pemesanan juga tercatat dengan rapi di dalam software procurement. Anda bisa melakukan laporan hingga evaluasi dengan mudah dengan bantuan software procurement.

 

Sistem Penunjukkan Langsung dalam Pemerintahan

 

Tidak hanya pada perusahaan swasta saja, metode penunjukkan langsung juga sangat mungkin melakukan proses penunjukkan secara langsung. Sesuai regulasi, Pejabat Pengadaan menjalankan Penunjukan Langsung untuk pengadaan Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya yang bernilai paling banyak Rp. 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dan untuk pengadaan Jasa Konsultansi bernilai paling banyak Rp.100.000.000,00.

 

Sedangkan Pokja Pemilihan menjalankan Penunjukan langsung untuk pengadaan Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya yang nilai pagu Anggaran paling banyak Rp.100.000.000.000,00 (seratus milyar rupiah) dan untuk pengadaan Jasa Konsultansi yang  nilai pagu Anggaran paling banyak Rp.10.00.000.000,00 (sepuluh milyar rupiah).

 

 

Leave a Comment